Senin, 27 Desember 2010

Apa E-Learning itu?

Apa sih e-learning itu? Apakah perbedaan antara e-learning dengan pendidikan konvensional? Untuk menjawab ini, banyak pakar yang menguraikan definisi e-learning dari berbagai sudut pandang. Definisi yang sering digunakan banyak pihak adalah sebagai berikut.


a. E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain [Hartley, 2001].
b. E-learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media internet, jaringan komputer, maupun komputer standalone[LearnFrame.Com, 2001].
c. E-learning adalah semua yang mencakup pemanfaatan komputer dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran, termasuk di dalamnya penggunaan mobile technologies seperti PDA dan MP3players. Juga penggunaan teaching materials berbasis web dan hypermedia, multimedia CD-ROM atau web sites, forum diskusi, perangkat lunak kolaboratif, e-mail, blogs, wikis, computer aided assessment, animasi pendidkan, simulasi, permainan, perangkat lunak manajemen pembelajaran, electronic voting systems, dan lain-lain. Juga dapat berupa kombinasi dari penggunaan media yang berbeda [Thomas Toth, 2003; Athabasca University, Wikipedia].

Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar dapat disebut sebagai suatu e-learning.

Keuntungan menggunakan e-learning diantaranya :
menghemat waktu proses belajar mengajar,
mengurangi biaya perjalanan,
menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku),
menjangkau wilayah geografis yang lebih luas
melatih pelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.
Untuk menyampaikan pembelajaran, e-learning selalu diidentikkan dengan penggunaan internet. Namun sebenarnya media penyampaian sangat beragam dari internet, intranet, cd, dvd, mp3, PDA, dan lain-lain. Penggunaan teknologi internet pada e-learning umumnya dengan pertimbangan memiliki jangkauan yang luas. Ada juga beberapa lembaga pendidikan dan perusahaan yang menggunakan jaringan intranet sebagai media e-learning sehingga biaya yang disiapkan relatif lebih murah.


PERBEDAAN E-LEARNING dan KONVENSIONAL
Konvensional :
Pembelajaran tergantung kepada kemampuan pengajar
Sumber belajar terpusat di sekolah
Pengajar sebagai sumber ilmu
Belajar terkendalah masalah ekonomi, jarak, ruang dan waktu
Perlu sarana dan prasarana belajar yang memadai serta sdm pengajar yang memahami benar setiap ilmu yang diajarkan.

e-Learning :
Pembelajaran tidak tergantung kepada pengajar
Sumber belajar banyak tersedia dan mudah diakses
Pengajar hanya sebagai mediator atau pembimbing
Belajar dapat dilakukan kapan dan dimanapun tanpa terkendala ruang dan waktu
Perlu kesiapan kebijakan, infrastruktur dan sdm pengguna IT.

INTERNET SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN

Bagaimana pun juga, zaman sekarang ini, internet telah menjadi sebuah kebutuhan. Tentunya, bagi orang ingin memperluas jaringan silaturrahmi di dunia maya. Mereka yang pintar memanfaatkan segala macam wahana untuk berkomunikasi, berinteraksi, bahkan untuk keperluan studi adalah orang-orang yang secara tidak langsung telah menempatkan dirinya dalam arus perubahan menuju sebuah kemajuan dan keberhasilan di masa depan. Sebaliknya, orang-orang yang saat ini masih terbuai dengan nostalgia masa lalunya, tertidur dan tidak mau mengikuti arus perubahan, apalagi merasa alergi terhadap produk teknologi modern, maka dengan sendirinya ia akan ketinggalan zaman.

Oleh karena itu, maka internet -terlepas dari sisi negatifnya- merupakan bagian dari proses perubahan. Memang, ada banyak konten yang negatif di dunia maya. Berbagai hal yang berbau porno, krimininal, dan sebagainya dengan bebas tersebar luas di sana dan bisa diakses oleh siapa saja dan dimana saja. Akan tetapi, pada hakikat, sisi negatif dimana pun juga ada. Bahkan, di dunia nyata, di lingkungan kita sehari-hari, di dekat itu, semua itu tetap ada. Dan, hal ini adalah masalah filter dan kualitas taqwa pada diri masing-masing, bagaimana ia menempatkan dirinya dan memilih yang terbaik untuk masa depannya.

Internet sebagai bagian dari arus perubahan yang dapat mengubah kenyataan, ternyata juga dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Ada jutaan konten, kata, file, image, video, situs jejaring, media komunikasi, chatting, perpustakan maya, dan sebagainya yang semuanya dapat terangkum dalam internet. Masalahnya, dengan banyaknya pilihan itu, maka dalam proses pembelajaran yang dituntut efektif dan efisien, tentunya proses pencarian atau searching data/file/artikel/dsb dalam internet harus dilakukan secara efektif, cepat dan akurat.
Bagaimana caranya? klik beberapa tips searching internet untuk pembelajaran pada tautan di bawah ini
http://www.4shared.com/document/8ojwsk-E/Teknik-Searching-Efektif-Inter.html

Manfaaat TIK dalam pembelajaran

   Teknologi Informasi dan Komunikasi atau yang disingkat dengan TIK merupakan fenomena yang tampaknya terkesan baru dan modern. Bila kita mendengar kata TIK, maka pikiran kita langsung melayang dan membayangkan perangkat keras yang canggih semisal Laptop, Komputer, PDA, Smartphone, HP, Perpustakaan Digital, Website, dan sebagainya. Apakah memang benar demikian, bahwa teknologi informasi dan komunikasi hanya terbatas pada produk-produk modern? Tentu tidak, sebab TIK tidak hanya terikat dengan hal itu.

Bila demikian, apa sebenarnya definisi TIK tersebut? Bisakah ia dimanfaatkan dalam pembelajaran? Seberapa besar manfaatnya dan bagaimana mengimplementasikan TIK tersebut dalam proses belajar mengajar?
Untuk menjawab ini, silahkan klik tautan dibawah ini dan download. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!